CIRI KOMPONEN PENGAPIAN yang MATI
Labels:
Bengkel
,
Ilmu bengkel
,
tips memperbaiki motor
CIRI
KOMPONEN PENGAPIAN MATI Lagi tips tentang sepeda Motor yang mungkn bisa
sedikit memberikan informasi juga menambah ilmu kita untuk otak atik
motor sendiri. NAhhh untuk anda silahkan di sini blog oto-trendz disini
kita akan belajar bersama sedikit mengenal komponen pengapian yang mati
guna untuk mencari solusinya dan analisa perbaikan yang mesti kita
lakukan.
Sistem
pengapian bertugas menyediakan kilatan api untuk membakar bensin yg
telah terkompresi. Syaratnya, waktu pengapian harus tepat dan power
apiharus kuat. Pengapian lama dikenal tipe platina (konvensional) dan yg
modern sudahelektronik (CDI).Selanjutnya kita kupas khusus pengapian CDI,
baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik
(AC/spul)Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi.
Bila
terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai
multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya
tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi
utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri
kerusakannya.
KOIL
Fungsi
koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan
kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut
petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan
kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”
Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “petanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang bget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.
Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “petanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang bget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.
CDI
Ada
dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti
“percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran
tinggi”.
Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, adaperangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.
Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.
SPUL PENGAPIAN
Spul
alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC),
komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki
Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak
bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati
total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.
Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.
Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.
PULSER
Gejala
pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala
tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm
atas.
Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.
Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.
BUSI
Busi
yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong
knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi
putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi
akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api
sumber ; http://arifin0.wordpress.com
IZIN COPAS GAN :-)
BalasHapusSaya puya masalah motor mio sporti pas saya cek kondisi kelistrikan bagus tapi g keluar percikan api. Pas saya pindahin masa dari tempat biasa di pindahin ke sasis baru ada percikan. Itu kenapa gan
BalasHapus